Tuesday 25 February 2014

Lone Survivor (Movie)

Kalau liat judul atau sinopsisnya sepertinya film ini ya biasa saja. Film action pada umumnya. Akan tetapi, karena ada review yang bagus akhirnya saya memutuskan untuk menontonnya. Mark wahlberg sebagai pemeran utama dan tokoh tokoh lain yang punya badan serta brewok yang semeriwing! And yes, it was a great watch! ;)
Berkisah tentang empat perwira Angkatan Laut Amerika yang ditugaskan dalam Red Wings Operation di Afghanistan, dan terjebak dalam kepungan team yang harusnya mereka serang. Berdasarkan atas kisah nyata DAN harusnya Amerika malu sama kejadian ini!
Perwira perwira ini dilatih sedemikian rupa sehingga fisiknya lebih kuat daripada pikiran mereka. Kalo nonton film superhero kan wajar kalo mereka ga mati mati. Nah ini, manusia yang udah jatoh ketiban batu dan ketembak berkali kali tapi masih bisa hidup dan punya daya juang hidup yang tinggi. Benar benar mengagumkan!
Ternyata ada suku di afghanistan yang memiliki hukum Pashtunwali (berkewajiban melindungi seseorang dari musuhnya). Bayangkan gegara melakukan ini (menolong orang Amerika) desanya diserang oleh Taliban!
Saya rasa hanya sedikit sekali alasan ada yang bisa membenarkan peperangan. Dan mau serusak apapun negara orang, Amerika atau negara lainnya ga berhak masuk dan ngacak ngacak teritori disana. I curse America for that!
(( Berdasarkan statistik tentara amerika di Irak banyak yang mati karena stress, bukan karena perang ))
Gue menyayangkan aset negara (tentara) disalahgunakan oleh para pembuat kebijakan. Tentara uangnya tidak seberapa, kerjanya beresiko maut & bertugas menghadapi maut, terpisah jauh dari keluarga dan Nasionalisme tinggi. Amat disayangkan jika tugas mereka dilapangan justru malah memuaskan ambisi para penguasa yang kebanyakan merugikan pihak yang tak bersalah.
SAY NO TO WAR!!

No comments:

Post a Comment